Rabu, 21 Agustus 2013

Asal-usul Gelandang Pengangkut Air

Asal-usul Gelandang Pengangkut Air

OPINI | 29 July 2013 | 10:23 Dibaca: 952   Komentar: 15   12
Dalam dua tahun terakhir ini istilah Gelandang Pengangkut Air acapkali disebut dalam sebuah laga sepakbola. Awalnya Saya mengira bahwa istilah ini buatan komentator-komentator lokal yang terinspirasi dari film kungfu di mana salah satu latihannya adalah mengangkut gentong berisi air naik turun tangga. Namun ternyata bukan.
Awalnya istilah gelandang pengangkut air (water carrier) sebenarnya adalah sebuah ungkapan penghargaan yang diberikan “King” Eric Cantona kepada Didier Deschamp atas perannya yang amat konsisten sebagai gelandang bertahan (holding midfielder). Semenjak istilah “water carrier” diperkenalkan, posisi gelandang bertahan memang naik daun.
Di tahun 1980-an, orang lebih banyak mengapresiasi pemain-pemain dengan posisi menyerang dan identik dengan mencetak gol. Sementara posisi pemain-pemain dengan tipikal bertahan sedikit terabaikan. Padahal seorang gelandang bertahan memiliki job desk yang cukup berat. Posisi ini mengharuskannya sebagai palang pertama untuk memutus serangan lawan sekaligus untuk memulai serangan. Selain Didier Deschamp, contoh klasik gelandang pengakut air lainnya adalah Owen Hargreaves yang senantiasa dituntut berlari selama 90 menit pertandingan.
Kini pamor gelandang bertahan sudah semakin diperhitungkan. Suksesor Deschamp semakin canggih. Sebut saja nama Gareth Barry di Manchester City, Michael Carrick di Manchester United, atau Xabi Alonso di Real Madrid. Berbeda dengan pendahulunya, para pemain-pemain ini permainannya nampak lebih elegan dan terlihat lebih cerdas dengan tidak melulu mengandalkan tackling.
Gelandang pengangkut air harus memiliki stamina bagus, konsentrasi tinggi, tackling bersih, mampu membaca transisi permainan dengan cepat, dan tentunya operan akurat. Seorang gelandang pengangkut air yang baik akan memberi jaminan kuatnya pertahanan hingga dapat membuat attacking player dapat bermain dengan tenang. Seperti prajurit dalam sebuah pleton yang tugasnya membawa air untuk pemain lain. Segelas air yang dapat menenangkan prajurit garda depan di tengah medan perang, mungkin begitulah perumpamaan yang dimaksud Cantona dengan memberi julukan “water carrier“.
Water carrier: (noun) 1. a person who carries water, as to a body of troops.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar